Tips Merawat dan Mencuci Sepatu Bola Supaya Awet dan Tahan Lama

Sepakbola merupakan salah satu olahraga yang paling hampir diseluruh dunia termasuk juga Negara Indonesia. Banyak orang dan mungkin termasuk kamu yang sering bermain sepakbola, dan sepatu bola menjadi salah satu hal wajib bagi kamu yang ingin bermain sepak bola. Namun, tentunya kita menginginkan sepatu bola yang kita miliki agar tahan lama dan awet untuk dipakai selama mungkin.

Setiap barang tentunya memerlukan perawatan agar lebih tahan lama dan awet, termasuk juga sepatu sepak bola terutama jika kamu sering menggunakannya. Pembersihan dan perawatan suatu produk sangat tergantung dari bahan yang digunakan. Sepatu bola kebanyakan terbuat dari bahan kulit ataupun bahan sintetis yang tentunya memerlukan perawatan dan pembersihan yang berbeda.

Berikut ini beberapa tips untuk membersihkan dan merawat sepatu bola agar lebih awet dan tahan lama. Dengan mengikuti tips berikut, maka sepatu bola kamu bisa digunakan secara maksimal dan memiliki daya tahan yang lebih lama.

Tips Membersihkan Sepatu Bola

cara membersihkan sepatu bola

 

1. Saat akan membersihkan sepatu bola, sebaiknya melepaskan semua tali sepatu bola tersebut untuk dicuci secara terpisah. Jika disepatu kamu terdapat lumpur yang sudah mengeras, basahi terlebih dahulu dengan air agar lebih mudah membersihkannya. Jangan menyikat sepatu saat lumpur masih keras atau membersihkan dengan cara memantulkan sepatu ke lantai agar kotoran jatuh. Hal tersebut bisa membuat spul sepatu menjadi lebih cepat rusak dan patah.

 

2. Bagian permukaan sepatu bisa dibersihkan dengan menggunakan lap atau kain basah yang bersih. Sebaiknya menggunakan air yang telah dihangatkan dan sudah dicampur dengan sabun cair untuk membersihkan sepatu dengan cara mengusapnya. Sebaiknya tidak menyikat bagian atas sepatu agar tidak lecet cepat terkikis.

 

3. Setelah kotoran di sol hilang dan permukaan sepatu sudah disabuni, kamu bisa membilas dengan air . Pastikan tidak ada sabun yang tertinggal. Setelah itu sepatu dilap dengan lap kering atau bisa dijemur dibawah matahari, namun sebaiknya jangan terlampau lama menjemur sepatu tersebut.

 

4. Sebaiknya jangan pernah merendam sepatu kamu di ember atau bakyang berisi air. Cukup disikat bagian bawah sambil diguyur dengan air dan mengusap permukaannya dengan kain basah yang sudah diberi sabun cair.

 

5. Untuk bagian tali, kamu bisa mencucinya dengan cara menyikat jika tali sepatu benar-benar kotor. Atau kamu bisa juga mencampur dengan baju dan celana kemudian cuci di mesin cuci.

 

Tips Merawat Sepatu Bola
Sumber: wikihow.com

1. Jika kamu menggunakan sepatu bola yang baru dibeli, sebaiknya kamu menggunakan lotion atau kaus kaki yang tebal agar kaki kamu tidak lecet. Gunakan sepatu kamu selama 30 menit dengan cara berjalan-jalan atau berlari untuk menyesuaikan kaki dengan sepatu.

 

2. Setelah sepatu bola selesai digunakan, sebaiknya bagian bawah sepatu langsung dibersihkan agar lumpur atau kotoran tidak mengering. Gosoklah dengan pelan dan tidak terburu-buru.

 

3. Untuk membantu mempercepat sepatu agar kering (terutama dibagian dalam), kamu bisa menggunakan Koran kering bekas dan masukan Koran kedalam sepatu bola. Koran akan menyerap air didalam sepatu dan mempercepat pengeringan.

 

4. Kamu bisa menyemir sepatu kamu agar warna dari sepatu tetap bagus. Sesuaikan warna semir sepatu dengan warna sepatu yang kamu miliki. Untuk sepatu dengan bahan sistentis sebaiknya tidak perlu disemir.

 

5. Hindari menggunakan sepatu bola ditempat yang berbahan keras seperti aspal, beton atau lantai karena akan mempercepat bagian bawah sepatu menjadi terkikis.

 

6. Kamu bisa menggunakan kapur barus untuk menghilangkan jamur pada sepatu dan menghilangkan bau. Taruhlah sepatu bola kamu ditempat yang sejuk dan memiliki sirkulasi udara yang lancar.

 

Itulah tips membersihkan dan merawat sepatu bola dari Pusatreview.com agar sepatu bola yang kamu miliki lebih awet dan tahan lama saat digunakan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *