Tips Membeli Kamera DSLR Bekas atau Second

Hobi fotografi saat ini sudah banyak dilakoni dan bahkan sebagian orang menekuni hal ini sebagai sebuah pekerjaan. Sebagai seorang fotografer baik itu amatir maupun professional, kamera merupakan hal yang sangat penting dan musti ada sebagai alat utama dalam berfoto. Namun tidak semua orang bisa membeli kamera dslr terutama untuk kamera yang masih baru karena harganya yang masih belum bisa dijangkau oleh sebagian orang. Salah satu cara mengatasi hal tersebut adalah dengan membeli kamera dslr bekas atau yang sudah dipakai oleh orang lain.

Kamera dslr bekas tidak serta merta menjadikan kamera tersebut memiliki kualitas yang sudah jelek ataupun menurun. Karena ada saja orang yang baru menggunakan kameranya kemudian dijual kembali. Namun tentunya kita harus pintar-pintar dalam memilih kamera dslr bekas karena bisa saja ada oknum yang ingin mengambil keuntungan dari kita.

Memilih kamera dengan kondisi yang baik sangat penting dan disini, pusatreview akan memberikan beberapa tips membeli kamera dengan cara mengecek dan memilih kamera dslr second atau bekas yang ingin anda beli. Pastikan anda melakukan hal-hal berikut ini sebelum mengambil keputusan untuk membeli kamera tersebut.

Tips Mengecek dan Memilih Kamera Bekas atau Second

Mengecek Shutter Count

shutter count - tips membeli kamera dslr bekas

Hal umum yang pertama bisa kita cek dari kamera dslr second adalah mengecek shutter count atau jumlah shutter yang telah dilakukan. Shutter count bisa diartikan sebagai jumlah total tombol shutter  dari kamera telah dipencet dan menghasilkan satu foto dari setiap klik tombol. Bisa juga dikatakan sebagai jumlah total hasil foto yang pernah diambil dan dibuat oleh kamera dslr tersebut.

Dengan mengecek nilai total shutter count, ada beberapa hal yang bisa kita ketahui dan cukup penting sebagai bahan pertimbangan sebelum membeli. Didalam kamera sendiri terdapat suatu mesin dengan mekanisme yang bekerja disetiap pengambilan gambar. Didalam setiap kamera sendiri ada batas atau masa pemakaian. Semakin sering digunakan atau semakin banyak jumlah shutter count, tentunya masa pemakaian dari kamera tersebut akan terus berkurang dan resiko untuk mengalami kerusakan akan semakin tinggi.

Rata-rata nilai maksimal dari shutter count adalah kurang lebih 100 ribu pengambilan gambar. Nilai shutter count juga bisa mempengaruhi harga dari kamera. Semakin banyak nilainya, tentunya harganya juga semakin murah.

Dengan mengetahui nilai tersebut juga bisa membuat kita mengetahui kapan kira-kira kamera dslr ini mampu terus bekerja dengan baik. Untuk mengecek nilai shutter count sendiri bisa menggunakan software seperti EXIF Viewer atau dibeberapa kamera bisa kita lihat langsung jumlahnya. Kamu juga bisa mengecek jumlah tersebut secara online di situs shuttercounter.com.

Cek Kondisi Bodi Kamera

Tips membeli kamera dslr selanjutnya yang harus anda lakukan adalah mengecek kondisi dari bodi kamera secara menyeluruh. Cek juga tombol-tombol yang ada dikamera apakah masih nyaman dan berfungsi secara penuh atau tidak. Cek juga apakah ada bekas lecet atau terbentur. Jika ternyata ada lecet atu bekas terbentur, bisa beresiko bagian dalamnya juga masalah atau bisa berpengaruh nantinya.

 

Cek Dead Pixel

dead pixel

Selanjutnya adalah mengecek dead pixel pada kamera. Dead pixel sendiri bisa dibagi menjadi dua bagian yaitu pada bagian LCD kamera dan juga pada sensor kamera. Caranya yaitu dengan mengambil beberapa foto kemudian lihat pada LCD kamera apakah ada gambar yang tidak terlihat atau bagian yang tidak Nampak. Jika ada, maka bisa kemungkinan pada kamera tersebut sudah ada dead pixel-nya. Untuk membedakan apakah dead pixel berasal dari sensor ataukah LCD, bisa dengan cara memindahkan foto yang sudah diambil ke dalam laptop atau komputer. Jika tetap ada dead pixel pada gambar, maka yang bermasalah adalah sensor kameranya.

Cek Autofokus Kamera

Tips memilih kamera dslr second selanjutnya adalah mengecek autofokus dari kamera. Hal yang satu ini juga penting karena autofokus merupakan komponen yang sering digunakan dari kamera. Cara mengeceknya cukup mudah yaitu dengan cara mengambil  gambar suatu objek foto, kemudian coba untuk memfokuskan lensa pada objek dan buat latar belakangnya menjadi blur.

 

Cek sensor Kamera

Cek juga sensor dari kamera yang akan kita beli dan pastikan sensor bersih dan bebas dari kotoran ataupun debu yang menempel. Jika lensa kotor atau berdebu, berarti kamera tersebut kurang dirawat oleh pemilik sebelumnya.

Cek Baterai

Sebaiknya kita juga mengecek apakah baterai yang digunakan masih bagus dan berfungsi baik atau malah sudah drop. Tentunya mengesalkan jika ternyata baterainya sudah drop dan kita harus membeli baterai yang baru.

 

Cek Mounting Lensa

Tips membeli kamera DSLR yang terakhir adalah mengecek mounting lensa. Buat kamu yang punya lensa lebih atau ingin memiliki lensa lagi, jangan lupa untuk mengecek bagian tersebut apakah masih berfungsi dengan baik ataukah sudah longgar.

 

Selain tips-tips membeli kamera dslr diatas, tanyakan pula mengenai detail kamera yang akan dijual. Misalkan kenapa dijual atau apakah ada kelengkapan lain yang tidak ada atau rusak. Tentunya semua dikembalikan kepada anda untuk memilih kamera dslr yang anda sukai.

 

Lihat juga: 8 Jenis Lensa Kamera DSLR dan Fungsinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *