Suka Mengisi Baterai Ponsel Semalaman? Perhatikan Hal-Hal Berikut Agar Aman

Kebanyakan dari kita mungkin sering melakukan pengisian baterai dimalam hari dan mungkin lupa untuk mencabutnya walau sudah penuh, atau memang kita sengaja melakukannya karena sudah ingin tidur dan baterai baru terisi sedikit. Kebiasaan pengguna hp atau ponsel yang seperti itu tentunya memiliki resiko yang cukup berbahaya jika terlalu sering dilakukan bahkan dapat merusak komponen dari smartphone jika dilakukan secara terus menerus. Dalam kasus yang lebih berbahaya adalah dapat mengakibatkan terjadinya kebakaran atau arus pendek listrik. Seperti yang pernah terjadi dibeberapa daerah, apalagi kita sedang tertidur sehingga tidak awas akan apa yang sedang terjadi.

Kebiasaan mengisi baterai semalaman memang sebaiknya dihindari. Menurut sebuah laporan yang dilakukan oleh Digital Spy yang menyatakan bahwa membiarkan atau mengisi baterai ponsel menggunakan pengisi daya selama semalaman walau sudah terisi penuh sebaiknya dihindari dan tidak dilakukan. Hal tersebut karena dapat mempercepat menurunnya kemampuan daya baterai dan juga dapat memicu udara panas berlebih yang bisa merusak komponen ponsel dengan lebih cepat.

Namun saat ini dengan kemajuan teknologi yang terus berkembang, telah banyak perangkat ponsel pintar terutama ponsel pintar terbaru akhir-akhir ini telah memiliki kemampuan untuk menangani daya pengisian baterai dengan lebih baik. Kebanyakan ponsel pintar modern mempunyai kemampuan untuk menghentikan mengisi baterai jika sudah 100% memenuhi kapasitas baterai. Hal tersebut bisa mengurangi rasa khawatir kita jika harus mengisi baterai hingga pagi hari, walau tentu saja tetap disarankan untuk tidak dilakukan terlalu sering.

Baterai Yang Mengembung Karena Terlalu Sering Dicharge Semalaman

Walau ponsel sekarang bisa menghentikan daya saat penuh, namun terkadang ponsel tersebut akan menggunakan sedkit dari daya baterai untuk menjaga supaya dapat beroperasi dan juga menjaga baterai supaya tetap dalam kondisi kapasitas maksimal. Dan walaupun kita bisa lebih tenang meninggalkan ponsel semalaman dalam keadaan terhubung dengan pengisi daya dan kemungkinan untuk terjadi kebakaran spontan lebih kecil, ada beberapa hal yang sebaiknya anda perhatikan dan lakukan jika ingin mengisi daya baterai semalaman agar tidak terjadi hal yang tidak kita inginkan.

  • Overheating/panas berlebih: Panas yang berlebih menjadi pemicu cepat rusaknya baterai dan komponen ponsel, salah satu cara menguranginya adalah melepaskan case pelindung ponsel dan juga menempatkan ponsel dipermukaan yang datar dan juga keras dan dapat menyerap panas seperti lantai.
  • Hindari tempat yang mudah terbakar/panas: Saat mengisi daya ponsel, sebaiknya menghindari mengisi diatas bantal, kasur atau benda yang yang mengunci panas dan mudah terbakar. Benda-benda tersebut menyebabkan sirkulasi udara menjadi tidak stabil dan malah bisa meningkatkan panas.

Itulah beberapa hal yang sebaiknya anda perhatikan saat mengisi baterai ponsel semalaman. Gunakanlah ponsel dengan lebih hati-hati dan bijak agar lebih awet dan tahan lama untuk kita gunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *