Memahami Exposure, ISO, Aperture, dan Shutter Speed Pada Kamera

Disaat kita membeli dan memiliki sebuah kamera digital baik itu DSLR atau pun kamera saku, biasanya kita lebih sering menggunakan fungsi Auto tanpa mengutak atik tombol atau fungsi kamera yang lainnya. Mode Auto memang memberikan kita kemudahan dalam mengambil foto, namun terkadang kreativitas yang diberikan sangat minim dan hanya memberikan hasil yang biasa saja.

Bagi para pemula yang ingin mencoba mendalami kamera digital dengan lebih jauh terkadang dibingungkan dengan berbagai istilah seperti Exposure, ISO ataupun Shutter speed. Padahal hal-hal tersebut saling berhubungan dan wajib kamu pelajari jika ingin lebih jauh lagi memahami penggunaan kamera. Apalagi dengan memahami dan bisa memanfaatkan hal tersebut, anda bisa menggunakannya untuk mengambil gambar dengan cara yang lebih baik dan lebih kreatif lagi.

 Maka dari itu, artikel berikut ini akan menjawab mengenai pengertian sekaligus juga pemahaman dari beberapa istilah seperti Exposure, ISO, Aperture dan juga Shutter Speed yang memang saling berhubungan satu sama lain.

Lihat juga: 8 Jenis Lensa Kamera dan Fungsinya

Pengertian dan Pemahaman Exposure

Kamera pada dasarnya merupakan alat yang berprinsip untuk menangkap cahaya melalui sebuah sensor. Cahaya yang masuk kedalam sensor kemudian diterjemahkan menjadi sebuah gambar yang dapat kita lihat hasilnya kemudian dilayar kamera. Jika cahaya yang diterima oleh sensor kurang jumlahnya, maka gambar yang dihasilkan juga akan menjadi lebih gelap atau dikenal juga dengan istilah Under Exposed (UE). Kebalikan dari hal tersebut, jika cahaya yang masuk kedalam sensor kamera terlalu berlebih, maka gambar akan terlalu terang (cenderung putih) atau disebut juga dengan Over Exposure (OE).

Untuk memahami exposure, ada tiga hal lain yang harus kita ketahui dan perhatikan agar hasil gambar yang kita ambil tetap baik dan tidak terlalu berlebih atau kurang pencahayaan. Ada tiga elemen yang harus diketahui yaitu ISO, Aperture, dan juga Shutter Speed. Ketiga elemen ini disebut juga dengan Segitiga Fotografi karena ketiga hal tersebut sangat berhubungan erat dengan cahaya, dan bagaimana cahaya dapat masuk serta bisa berinteraksi dengan kamera. Berikut ini sedikit pengertian dari ISO, Aperture dan juga  Shutter Speed.

ISO; ISO adalah ukuran dari seberapa sensitif suatu sensor kamera terhadap cahaya yang ada disekitarnya. Ukuran ISO cukup bervariasi dari 100 hingga 25600.

Aperture; Istilah ini memiliki pengertian tentang seberapa besar lensa kamera terbuka pada saat kita mengambil sebuah foto atau gambar.

Shutter Speed; Rentang waktu yang dibutuhkan oleh ‘jendela’ yang ada didepan sensor kamera untuk terbuka saat mengambil gambar.

Ketiga hal tersebut saling berinteraksi dan berhubungan dan interaksi ketiganya disebut juga dengan exposure. Jika ada perubahan dalam salah satu elemen, maka akan berpengaruh juga dengan kedua elemen lainnya.

Contoh Exposure
Contoh Exposure

 

Perumpamaan segitiga Exposure

Untuk mempermudah memahami keterkaitan antara ISO, Aperture dan juga Shutter speed sebagai segitiga exposure, sebuah perumpamaan yang cocok dan mirip dengan hal tersebut adalah seperti saat kita membuka keran air. Berikut ini gambar yang mewakili hal tersebut diambil dari situs digitalcameraworld.com.

memahami exosure, aperture, shutter speed dan ISO (keran air)

  • Shutter speed dapat kita anggap sebagai seberapa lama kita membuka keran air
  • ISO adalah seberapa kuatnya dorongan air yang lewat
  • Aperture dianggap sebagai seberapa lebar kita membuka keran air
  • Dan air sendiri bisa kita anggap sebagai cahaya yang diterima oleh sensor

Dari hal tersebut setidaknya kita sudah bisa memahami hubungan dari ketiga hal diatas dan mengapa perubahan pada satu titik akan mempengaruhi exposure secara keseluruhan.

Dengan memahami segitiga exposure akan membuat kita bisa lebih mengerti dunia fotografi, terutama jika kita memang ingin menjadi fotografer profesional atau ingin mendalami dunia fotografi lebih jauh lagi.

Lihat juga: Tips Membeli Kamera DSLR Bekas atau Second

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *