Kamera Digital dengan Sistem Operasi Android, Panasonix Lumix DMC-CM10

Saat ini memang sudah ada beberapa kamera dengan sistem operasi Android, namun memang jumlahnya masih sangat sedikit. Hal tersebut karena sebagian besar produsen pembuat kamera lebih memilih menggunakan dan mengembangkan sistem operasi sendiri atau desain antarmuka lain, contohnya adalah CMOS dan DIGIX. Namun sepertinya geliat sistem operasi Android mulai terasa dengan adanya beberapa kamera yang sudah menggunakan OS tersebut contohnya adalah Nikon CoolPix S800c, Samsung Galaxy Camera NX, dan juga kamera Polaroid iM1836.

Panasonic sebagai salah satu pemain besar terutama di kamera digital sepertinya ingin meningkatkan gairah akan penggunaan sistem operasi Android dengan mengenalkan produk terbarunya yaitu kamera Panasonic DMC-CM10. Kamera digital yang satu ini menggunakan sistem operasi Android 5.0 Lollipop yang dipadukan dengan lensa DC 28mm yang dikembangkan oleh perusahaan Leica.

Panasonic DMC-CM10

Untuk spesifikasi dibagian desain dan antarmuka, kamera DMC-CM10 menggunakan layar dengan ukuran seluas 4,7 inci dengan resolusi Full HD. Desain dari kamera ini terlihat retro dan mengingatkan kami akan desain dari kamera dari Leica. Untuk bagian hardware atau dapur pacu, kamera ini menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 801 yang ditambah dengan 2 GB RAM yang membuat performa dari kamera ini menjadi semakin optimal.

Kamera DMC-CM10 menggunakan lensa dengan sensor 20 megapiksel dan juga menggunakan memori internal sebanyak 16 GB yang bisa ditambah lagi dengan microSD. Untuk baterai, kamera ini menggunakan baterai dengan kapasitas 2600 mAh. Untuk fitur lainnya hampir sama dengan kamera digital Panasonic pada umumnya tombol shutter dan lain-lain.

Selain itu ada juga fitur lain seperti video yang beresolusi tinggi hingga 4K, Wifi 802.11ac, kemudian ada juga Bluetooth 4.0 dan fitur konektivitas lainnya.

Masih belum diketahui kapan kamera ini akan dirilis, namun beberapa pihak memprediksi kalau harga dari kamera digital Panasonic DMC-CM10 yang dilengkapi dengan sistem operasi dari Android ini akan dibanderol dengan harga sekitar 11 juta hingga 12 juta rupiah. Buat kamu yang ingin mencoba, kamu harus sabar menunggu hingga tanggal rilis resminya.

sumber: tempo.co

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *