Cara Mengetahui Hp Android Asli atau Palsu dengan Mudah

Memiliki smartphone dengan kualitas yang  baik dan asli tentunya menjadi harapan kita saat membelinya. Namun apa jadinya kalo ternyata yang kita beli  ternyata smartphone palsu atau smartphone yang menggunakan perangkat bekas. Wah, pasti kesel banget yaa..

Trus bagaimana dong cara mengetahui hp Android kamu itu asli atau palsu? Apalagi jika smartphone yang kamu beli itu merek terkenal macam Apple atau Samsung, sayang banget kan kalo ternyata smartphone itu aslinya merupakan smartphone buatan Tiongkok.

Saat ini ada cukup banyak loh cara untuk mengetahui apakah perangkat ponsel pintar yang kamu punya itu barang asli atau palsu, namun disini kami akan memberikan cara-cara yang mudah terutama karena semakin banyaknya pemalsuan dengan tehnik yang semakin tinggi.

 

Cara Mengetahui Ponsel Android Asli atau Palsu

Apple iPhone 6s Plus

Salah satu cara mudah untuk mengetahuinya adalah dengan code IMEI dari ponsel pintar yang akan kamu beli. Code IMEI sendiri menunjukan info mengenai informasi Negara yang membuat atau memproduksi ponsel tersebut. Baik itu berupa komponen hardware atau juga bagian lainnya seperti software dan ponsel edisi terbatas.

Nomor tersebut juga harus cocok dengan box atau kardus pembungkus ponsel yang dibawanya. Jika nomor sama maka kemungkinan ponsel tersebut asli atau belum diutak atik, namun jika berbeda maka sangat tinggi kemungkinan jika ponsel tersebut adalah ponsel Android palsu.

Berikut ini adalah step by step atau langkah-langkah untuk mengecek nomor IMEI yang ada di ponsel kita.

  • Ketikkan di ponsel pintar Android kamu dengan sebuah kode *#06#
  • Setelah itu akan muncul atau kamu akan langsung diarahkan ke nomor IMEI ponsel kalian tanpa harus melakukan panggilan
  • Catat nomor IMEI dari ponsel pintar kalian masing-masing, kemudian cocokkan dengan dus atau kotak dari ponsel saat kalian membeli

 

Selain itu nomor IMEI juga dapat memberikan informasi mengenai dimana ponsel tersebut dibuat. Informasi tersebut dapat kamu temukan di nomor ketujuh dan kedelapan dari keseluruhan nomor IMEi yang ada di smartphone kamu. Contohnya jika nomor ketujuh dan delapan adalah 01, maka ponsel tersebut merupakan smartphone yang dibuat di negara Finlandia yang tentunya memiliki kualitas yang sangat baik. Selain finlandia, Negara-negara seperti Amerika dan jerman juga sangat baik dalam hal kualitas.

Jika nomor diponsel kamu menunjukan angka 02 atau 20, maka ponsel tersebut di buat di Negara asia atau lebih tepatnya merupakan smartphone buatan Tiongkok dengan kualitas yang rendah.

Lihat juga: Cara Menghemat RAM saat Browsing di Internet

 

List Kode Negara Pembuat Smartphone

Berikut imi adalah informasi mengenai list kode negara yang membuat ponsel pintar dari seluruh dunia.

00 France

01 Finland

10 Finland

20 China

02 China

07 Eropa Regional

70 Eropa Regional

08 Germany

80 Germany

19 UK

91 UK

30 Korea

03 Korea

67 USA

76 USA

40 India

04 India

60 Asia Regional

80 Asia Regional

 

Itulah informasi yang bisa kami berikan untuk cara mengetahui hp Android yang asli atau palsu.

Tentunya dengan mengetahui informasi tersebut, kamu tidak akan dengan begitu mudah untuk ditipu sama orang-orang yang tidak bertanggungjawab. Dan juga kamu bisa memilih smartphone dengan lebih aman.

Jangan lupa share ke keluarga, teman-teman atau saudara kamu ya biar mereka juga mengetahui informasi diatas 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *