Cara Mengembalikan Foto Yang Terhapus di Android Yang Sudah Diroot

Pernahkah kita mengalami kejadian di mana file foto di dalam perangkat Android terhapus, padahal foto tersebut cukup penting? Tidak usah panik, karena ada cara mengembalikan foto yang terhapus di Android. Cara yang bisa kita lakukan ada dua, tergantung apakah Android belum diroot atau sudah diroot.

Untuk Android yang belum diroot memang akan sedikit rumit. Ini karena kita harus mendownload aplikasi via PC dan menghubungkan perangkat Android ke PC. Selain itu, tidak semua jenis file yang terhapus dalam Android yang belum diroot dapat dikembalikan. Sebaliknya, cara mengembalikan foto dalam peragkat Android yang sudah diroot terbilang lebih sederhana.

 

 

Tips dan Cara Mengembalikan Foto dengan Mudah

Cara mengembalikan foto yang terhapus di Android yang telah diroot ini dapat menggunakan aneka aplikasi yang tersedia di PlayStore. Ini artinya, kita tidak perlu menginstal aplikasi melalui PC sehingga prosesnya akan lebih sederhana. Terdapat beberapa aplikasi yang dapat kita gunakan.

 

Aplikasi Undeleter
sumber: apk-cloud .com

Pertama adalah Undeleter. Aplikasi ini dikembangkan Fahrbot serta dapat mengembalikan aneka file yang telah terhapus dalam perangkat Android, termasuk foto. Aplikasi ini tersedia gratis, namun untuk mendapat yang full support kita harus membeli yang pro. Versi gratisnya hanya tersedia untuk mengembalikan file foto serta SMS dan Txt.

Menggunakan aplikasi ini juga terbilang mudah. Download terlebih dahulu aplikasinya melalui Google Play.

Install kemudian buka aplikasinya. Apabila dimintai akses root, izinkan.

Pilih Restore File atau Restore Data. Pilih penyimpanan mana yang hendak dikembalikan datanya, apakah internal storage atau external storage.

Apabila sudah maka akan muncul dua pilihan, Deep Scan serta Journal Scan. Pada pilihan Journal Scan, semua file yang telah terhapus akan discan tanpa kecuali seperti foto, SMS dan video.

Sementara pada Deep Scan, kita dapat memilih sendiri file mana yang hendak dikembalikan. Jika sudah memilih antara Journal Scan atau Deep Scan, tekan scan yang berada di pojok kanan bawah. Tunggu hingga hasil scan muncul. Setelah muncul, teliti file satu per satu yang hendak dikembalikan.

Lihat juga: 5 Aplikasi Olahraga Terbaik

 

Jika telah menemukan file yang hendak dikembalikan, klik kemudian tekan gambar kotak pada pojok kanan atas. Pilih Restore Item. File yang diinginkan akan kembali ke dalam penyimpanan Android. Itulah cara mengembalikan foto yang terhapus di Android menggunakan aplikasi Undeleter.

Namun, ternyata tidak semua file foto serta video dapat dikembalikan seperti semula. Foto yang dapat kembali adalah foto yang memiliki thumbnail. Selebihnya, foto tidak akan dapat dikembalikan.

 

Aplikasi Disk Digger Undelete

Selain aplikasi Undeleter, kita juga bisa menggunakan aplikasi lain, yaitu Disk Digger Undelete. Aplikasi ini juga sudah biasa digunakan untuk mengembalikan file yang sudah terhapus. Disk Digger Undelete juga termasuk aplikasi gratis. Kita bisa mendownloadnya melalui Google Play.

Instal aplikasi yang telah terdownload. Apabila diminta akses Root, pilih Izinkan.

Muncul peringatan Upgrade to Pro, apabila kita tidak menginginkannya makan pilih No Thanks. Pilih file penyimpanan untuk mengembalikan data, apakah memori internal atau eksternal.

Pilih format file yang akan dikembalikan, lalu klik OK. Aplikasi akan mulai melakukan scan pada berkas-berkas yang masih bisa dikembalikan.

Pilih berkas apa saja yang akan dikembalikan, kemudian pilih Save Local. Cara mengembalikan foto yang terhapus di Android menggunakan Disk Digger Undelete ini juga termasuk mudah dan praktis.

Namun, sama seperti Undeleter, tidak semua file foto dapat dikembalikan. Hanya beberapa file tertentu saja yang dapat kembali seperti semula.

Lihat juga: Top 5 Aplikasi Edit Foto Terbaik

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *