Cara Mengatasi Laptop Lemot Menjadi Lebih Cepat

Apakah kamu sering merasa laptop yang kamu punya sudah mulai lemot dan lambat? Bisa jadi ada beberapa hal yang terjadi pada laptop kamu yang membuatnya menjadi semakin lambat dan menjadi kurang responsif lagi. Tentunya sangat mengesalkan apalagi jika kita sedang terburu-buru untuk mengerjakan sesuatu atau laptop nge-hang pas kita sedang menonton film atau menjalankan aplikasi. Selain mengganggu kenyamanan kita dan juga kerjaan kita, jika dibiarkan begitu saja bukan tidak mungkin malah laptop kita nantinya akan terus melambat dan mengalami kerusakan.

Laptop yang lemot bisa jadi karena beberapa hal seperti adanya virus atau program yang berat. Jika kamu ingin mengembalikan performa dari laptop kamu kembali responsif dan optimal, kami akan memberikan tips dan cara mengatasi laptop lemot menjadi kembali lebih cepat dan juga lebih responsif. Tanpa berlama-lama, berikut ini 6 tips mengatasi laptop lemot dari pusatreview.

 1. Bersihkan dan Lindungi Laptop Dari Virus

cara mengatasi laptop lemot

Virus dan sejenisnya yang menjangkiti dan bersarang di laptop kita dapat membuat laptop atau komputer kita menjadi lemot dan lambat. Karena kebanyakan virus menggunakan memori laptop dan ada juga virus yang mampu menggandakan diri sehingga membuat beban memori dan kapasitas data menjadi semakin penuh. Hal tersebut dapat menurunkan kinerja dari laptop atau komputer yang anda miliki.

Bersihkan dan lindungi laptop kamu dari serangan virus dan sejenisnya menggunakan antivirus baik itu yang gratisan ataupun berbayar. Beberapa antivirus menyediakan versi gratis dan berbayar seperti AVG dan Kaspersky. Jangan lupa untuk selalu mengupdate antivirus anda karena setiap harinya ada saja virus baru yang bermunculan di internet.

 2. Bersihkan File Yang Tidak Diperlukan

Terkadang banyak file termasuk junk file atau file bekas program yang di uninstall masih tertinggal di laptop kita. Dengan membersihkan file-file tersebut, dapat sedikit mengurangi data didalam harddisk laptop. Saat ini sudah ada cukup banyak software yang bisa membantu kita untuk mengatasi hal tersebut, contohnya adalah CCleaner yang bisa kamu unduh secara gratis di websitenya. Software ini bisa membersihkan mulai dari junk file, cookies, temporary files dan juga bisa memperbaiki dan menginformasikan file yang rusak atau corrupt.

CCleaner Portable
 3. Uninstall Program/Software Yang Tidak Terpakai

Software atau program aplikasi yang terlalu banyak juga dapat membuat laptop atau komputer menjadi lebih lambat. Apalagi jika software yang kita install kebanyakan membutuhkan resource yang tinggi. Oleh karena itu sebaiknya uninstall program atau software yang dirasa tidak dibutuhkan atau jarang sekali dipakai agar kinerja dari memori dapat lebih optimal.

 4. Bersihkan Laptop Secara Berkala

Cara mengatasi laptop yang lemot selanjutnya adalah dengan membersihkan laptop secara berkala. Bersihkan bagian luar maupun bagian dalam dari laptop menggunakan lap flannel atau peralatan yang aman untuk laptop. Bagian dalam yang berdebu atau sirkulasi udara yang mampet dapat menyebabkan laptop menjadi cepat panas dan dapat menurunkan performa dari laptop tersebut.

 5. Upgrade RAM

Ukuran RAM yang terlalu kecil dan tidak sesuai dengan kebutuhan minimum juga dapat mempengaruhi kinerja dan bisa membuat laptop menjadi lemot. Hal tersebut karena RAM yang kecil membuat laptop tidak dapat menjalankan atau juga mengeksekusi perintah dengan baik dan cepat. Upgrade RAM anda setidaknya 2 kali dari RAM semula. Contohnya jika RAM laptop anda hanya 1 GB, upgrade RAM tersebut menjadi 2 GB keatas.

 6. Perbaharui Sistem Operasi

Solusi atau cara mengatasi laptop lemot yang terakhir adalah dengan melakukan reinstall sistem operasi yang kamu gunakan. Karena dengan melakukan reinstall, dapat membuat sistem kembali fresh seperti semula. Dengan demikian laptop kamu akan menjadi lebih cepat baik performa dan juga kinerjanya.

Demikian beberapa cara mengatasi laptop lemot yang bisa kamu lakukan. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi pedoman jika suatu waktu laptop kamu menjadi lebih lambat dan lemot.

Lihat juga: Tips Memilih Laptop Bagus dan Berkualitas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *