Cara Membuat Password Pada Flashdisk Tanpa Software

Hampir setiap orang yang mempunyai PC atau laptop juga mempunyai flashdisk. Perangkat yang satu ini merupakan media penyimpan data yang sangat penting dan dapat digunakan untuk menyimpan beragam jenis data baik berupa tugas, foto, ataupun jenis file lainnya. Dengan kata lain, flashdisk mempunyai banyak kegunaan bagi para penggunanya. Demi keamanan dan privasi, anda juga bisa memberi password pada flashdisk. Artikel ini akan menjelaskan tentang cara membuat password pada flashdisk yang bisa anda praktekkan secara langsung.

Saat ini, terdapat flashdisk dengan beragam merk dijual di pasaran dengan kualitas dan kapasitas yang bermacam-macam. Anda bisa memilih merk dan kapasitas flashdisk sesuai dengan kebutuhan dan selera. Namun, pastikan flashdisk yang anda pilih mempunyai kualitas yang bagus dan juga asli. Melindungi keamanan pada flashdisk tentunya sangat penting. Hal ini bertujuan supaya orang lain tidak bisa sembarangan membuka file-file yang terdapat di dalam flash anda.

Dengan mengikuti tutorial cara membuat password pada flashdisk, privasi dan keamanan file pada flashdisk akan terlindungi. Cara ini juga akan melindungi data yang anda miliki dari tindakan penghapusan atau penyalinan data oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Manfaat lain dari pemberian password di flashdisk yaitu untuk menghindari serangan virus. Umumnya, virus akan menjangkit sesudah disalin ke flashdisk.

 

Cara membuat password pada flashdisk, hal-hal yang harus dilakukan

Sebenarnya, cara buat password pada flashdisk cukup mudah sehingga bagi anda para pemula juga tidak akan mengalami kesulitan.

  • Langkah yang pertama, anda harus mencolokkan flashdisk ke komputer atau laptop terlebih dahulu.
  • Pilih start kemudian klik control panel.
  • Pilihlah menu system and security.
  • Selanjutnya klik bitlocker drive encryption yang terdapat di bagian bawah.
  • Pilihlah flashdisk mana yang ingin diberi password.
  • Jika sudah ditentukan, pilih turn on bitlocker.
  • Anda harus menunggu proses starting bitlockir dimulai.
  • Di kolom “enter your password”, anda bisa mengisi password sesuai keinginan kemudian masukkan password yang sudah anda buat tersebut di kolom bawahnya. Pastikan password yang akan anda buat terdiri dari beberapa karakter seperti huruf kecil, huruf besar, simbol, spasi, dan angka.
  • Kemudian klik next untuk melanjutkan ke tahap beirkutnya.
  • Untuk berjaga-jaga, anda juga bisa memilih “save to a file” untuk menyimpan password yang telah anda buat tadi.
  • Kemudian anda bisa menyimpan di folder yang anda pilih, klik next.
  • Klik next lagi yang terdapat di tampilan bitlocker.
  • Selanjutnya, pilihlah encrypt entire drive dan klik next untuk ke langkah selanjutnya.
  • Klik start encrypt kemudian tunggulah sampai prosesnya selesai.

 

Cara bikin password pada flashdisk dengan merk sandisk

cara membuat password pada flashdisk
sumber: aplikasipc .com

Selain bisa menerapkan cara diatas pada semua jenis merk flashdisk, anda juga dapat menggunakan aplikasi resmi dari salah satu merk flashdisk yakni sandisk. Perlu diketahui bahwa cara membuat password pada flashdisk untuk keamanan ini hanya berlaku pada flashdisk dengan merk sandisk. Aplikasi yang dimaksud yakni sandisk secure access.

Sandisk secure access bisa dimanfaatkan untuk melindungi data-data sensitif yang ada di dalam flashdisk. Aplikasi merupakan aplikasi gratis yang diciptakan untuk membantu para penggunanya dalam melindungi data-data penting yang dimiliki dan disimpan di dalam flashdisk bermerk sandisk.

Aplikasi yang satu ini mempunyai antarmuka yang mudah digunakan dan sederhana. Dengan memanfaatkan aplikasi tersebut sebagai salah satu cara membuat password pada flashdisk, anda bisa membuat kata sandi yang terenkripsi. Sehingga,data-data penting yang ada di dalam flashdisk terjamin keamanannya.

Lihat juga: Cara Hemat RAM saat Browsing Internet

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *