7 Tips dan Cara Mengatasi Smartphone Android Yang Lemot

Saat ini smartphone atau ponsel pintar sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat baik itu di Indonesia maupun diseluruh belahan dunia. Teknologi gadget yang terus berkembang dan semakin tinggi dari waktu ke waktu membuat perkembangan smartphone juga terjadi dengan sangat tinggi. Dalam beberapa tahun saja kita bisa melihat banyak tipe smartphone yang dirilis dipasaran dengan berbagai kelebihan dan keunggulan yang ditawarkan. Masing-masing vendor menawarkan produk yang menjadi andalannya sehingga kita mendapatkan banyak pilihan yang bisa kita ambil

Dari sekian banyak smartphone yang ada, ponsel dengan sistem operasi Android adalah yang paling banyak beredar dengan berbagai kelebihan dan juga kekurangan. Walau menawarkan kelebihan seperti kecepatan, multi-tasking dan juga tampilan yang menarik, terkadang kita merasa kalau smartphone yang kita punya sudah tidak responsif lagi atau terasa lemot. Hal tersebut bisa karena teknologinya yang sudah tertinggal atau juga bisa karena beberapa hal lain yang akan kami jelaskan dibawah ini.

Jika kamu merasa smartphone Android kamu lemot, disini pusatreview akan memberikan tips dan cara mengatasi smartphone Android yang lemot atau terasa lambat. Beberapa tips berikut bisa mengembalikan performa dari smartphone anda menjadi lebih responsif dan lebih optimal seperti sebelumnya.

 

Cara Mengatasi Smartphone Yang Lemot

cara mengatasi smartphone lemot

 1. Hapus Cache di Memori Internal

Cara mengatasi smartphone Android lemot yang pertama adalah dengan menghapus cache yang ada pada memori internal ponsel. Buat kamu yang kurang familiar, cache adalah suatu penyimpanan memori sementara dari perangkat Android. Data cache akan terus bertambah dan akan menghabiskan memori smartphone jika kita tidak membersihkannya secara berkala. Salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk membersihkan cache adalah CCleaner yang tidak hanya membersihkan cache, namun juga dapat memanage program, uninstall program, dan membersihkan file-file yang tidak terpakai lagi didalam satu tempat.

 2. Hindari Menjalankan Aplikasi Secara Bersamaan

Menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan akan membuat performa kecepatan RAM menjadi menurun dan bisa membuat ponsel menjadi lemot. Jika memang anda suka membuka banyak aplikasi secara bersamaan, pastikan kalau kapasitas RAM anda cukup tinggi atau jika tidak, tutuplah aplikasi yang anda gunakan sebelum membuka aplikasi yang lain. Cara mengatasi smartphone Android lemot yang satu ini cukup efektif dan akan membuat ponsel anda bisa berjalan dengan normal.

 3. Gunakan Gambar Sederhana Sebagai Wallpaper

Kaum hawa biasanya sangat suka menggunakan live wallpaper supaya tampilan smartphonenya terlihat cantik dan indah. Namun tentunya hal tersebut dapat membuat kerja dari ponsel meningkat dan dapat meningkatkan resiko menjadi lemot terutama jika anda membuka suatu aplikasi ataupun file lain. Sebaiknya gunakan image tipe biasa atau sederhana agar tidak terlalu membebani RAM ponsel anda.

Lihat juga: Cara Merubah Smartphone Menjadi CCTV

 4. Install Aplikasi Di Memori Eksternal

Saat kita menambahkan suatu aplikasi kedalam smartphone, maka secara otomatis aplikasi tersebut akan masuk kedalam memori internal. Jika kapasitas memori internal kita kecil dan aplikasi yang masuk cukup banyak, akan membuat kecepatan smartphone Android menjadi berkurang. Untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya pindahkan aplikasi kedalam memori eksternal dengan kapasitas yang cukup besar. Sehingga nantinya memori internal tidak terlalu terbebani dan bisa dimaksimalkan untuk pekerjaan lain.

 5. Hindari Menggunakan Auto Rotate

Fitur auto rotate akan membuat layar berputar mengikuti pergerakan dari ponsel. Hal ini biasanya digunakan saat kita ingin mengirim pesan atau hanya agar tampilan menjadi lebih besar. Namun sebaiknya fitur ini tidak selalu dinyalakan karena kinerja ponsel terhadap layar akan meningkat dan kecepatan respon akan berkurang. Sebaiknya fitur ini digunakan hanya disaat kita membutuhkannya saja.

 6. Bersihkan SMS dan Log File

Biasanya kita sering mengabaikan jumlah sms didalam inbox kita karena sms didalam smartphone lebih cenderung seperti chat yang tidak terlihat banyak. Namun sebaiknya anda juga harus sering membersihkan sms dan juga log file yang ada di ponsel karena data-data tersebut juga masuk kedalam memori internal.

 7. Bersihkan Chat di Aplikasi Seperti Whatsapp atau Line

Aplikasi chat seperti Whatsapp atau Line membutuhkan resource yang cukup besar serta menghasilkan data dari chat yang besar juga. Hal tersebut membuat memori internal dari ponsel kita cepat penuh. Sering-seringlah membersihkan chat yang dirasa sudah tidak diperlukan agar memori internal tidak terlalu cepat penuh dan terbebani terus menerus.

Lihat juga: Cara Merawat Charger Smartphone Agar Tahan Lama

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *